» » » Resep Masakan Ilabulo dari Gorontalo

Kalau di daerah lain ada masakan pepes ikan maka di Gorontalo ada masakan ilabulo. Resep ini merupakan menu mirip pepes yang terbuat dari hati dan empela ayam sebagai bahan utamanya. Untuk menambah referensi masak, kita akan belajar cara memasak ilabulo dari Gorontalo tersebut.

Saya telah menyebutkan bahwa menu ini mirip dengan pepes ikan jadi untuk anda yang gemar dengan menu pepes saya sarankan mengikuti ulasan ini untuk mendapatkan info masak baru mengenai pepes.

Jika tertarik nanti kita dapat mencobanya bersama-sama agar kita juga dapat merasakan keunikan masakan khas daerah tersebut.

Bagi yang hobi dengan yang namanya jeroan, tentu tidak ada salahnya jika menambah variasi masakan jeroan dengan menu yang sedikit berbeda. Dengan begitu, jeroan khususnya hati dan ampela akan tetap terasa nikmat di lidah, benar tidak?

A. Bahan dan Bumbu Ilabulo

Yang harus kita siapkan untuk bahan dan bumbu-bumbu masakan ini tidaklah terlalu banyak tetapi hanya beberapa bahan dasar yang mudah ditemukan dan beberapa rempah bumbu yang umum digunakan. Bahan dan bumbu tersebut seperti pada daftar berikut.


Bahan dan Bumbu

Hati ayam
Ampela ayam
Lemak ayam
Bawang putih
Bawang merah
Air
Garam
Lada putih
Cabe rawit
Penyedap rasa
Santan
Tepung sagu
Daun pisang
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
4 buah
4 buah
secukupnya
6 Siung
6 Butir
100 ml
1 sdt
secukupnya
sesuai selera
secukupnya
400 ml  dari ½ butir kelapa
kering
untuk membungkus

Dilihat dari bahan dan bumbu yang digunakan, masakan khas daerah yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan masakan lain. Masih memiliki ciri yang sama yaitu kaya akan rempah bumbu yang membuat masakan menjadi lebih nikmat dan lezat.


Pada menu ini juga digunakan lemak ayam sebagai tambahan agar rasanya semakin mantap. Selain itu digunakan juga santan dan juga tepung sagu. Seperti apa proses pengolahan menu masakan tersebut, mari kita ikuti berikut.

B. Cara Memasak Ilabulo Khas Gorontalo

Untuk memasak menu ini proses pertama yang akan kita lakukan adalah membuat adonan yang akan kita bungkus seperti pepes. Setelah itu langkah keduanya yaitu membakar adonan yang telah dibungkus hingga matang. Secara rinci cara memasak menu ini yaitu sebagai berikut!
  1. Rebus Hati ayam, ampela dan lemak ayam dalam 500 ml air sampai matang, tiriskan lalu potong-potong sesuai selera
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada putih dan cabe rawit (sisihkan).
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan potongan hati ayam. 
  4. Aduk dengan menambahkan sedikit demi sedikit sagu dan dicampurkan dengan air kaldu hingga tercampur rata.
  5. Panaskan wajan, masukkan adonan kedalam wajan lalu aduk dengan api kecil.
  6. Sambil mengaduk, masukkan santan hingga adonan berubah menjadi seperti bubur.
  7. Angkat lalu dinginkan.
  8. Bungkus adonan menggunakan daun pisang hingga beberapa lapis (seperti lemper)
  9. Bakar hingga matang seperti membakar sate, angkat dan sajikan.

Menu khas ini dapat disajikan dengan dua pilihan yaitu di bakar dan di kukus. Untuk yang dibakar tentunya seperti yang dijelaskan di atas sedangkan untuk ilabulo kukus kita tinggal mengukus adonan yang sudah dibungkus tadi hingga matang dan siap disajikan.

Foto: Arieparekesit

Rasanya kira-kira bagaimana ya? Silahkan dicoba saja ya. Untuk melengkapi koleksi menu andalan di rumah. Selain menu jeroan ayam ini masih ada banyak masakan Gorontalo lain yang enak dan menggugah selera. Silahkan dicoba juga ya. Selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post