» » » » Lezatnya Masakan Milu Siram Gorontalo

Milu siram, Anda yang kenal dengan masakan Gorontalo ini namun belum sempat mencicipi lezatnya masakan tersebut saya sarankan untuk mengikuti pembahasan kita kali ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat masakan milu siram ini.

Milu siram yang merupakan masakan khas daerah Gorontalo adalah sebuah menu yang terbuat dari bahan dasar jagung dengan campuran ikan cakalang atau tuna. Menu ini di daerah asalnya terkenal dengan kelezatan yang menggoda jadi tidak salah jika kita juga ikut mencoba merasakan sensasi daerah tersebut.

Pada dasarnya mungkin bisa dikatakan bahwa menu masakan ini hampir mirip dengan variasi jenis menu ikan bakar. Hanya saja dalam menu ini penyajian dan juga penyiapan masakannya sedikit berbeda. 

Tentu saja resep masakan yang belum pernah dicoba sebelumnya ini akan memberikan rasa penasaran tersendiri. Apalagi jika anda memang hobi atau gemar dengan jenis masakan dengan bahan dasar ikan.

A. Bahan dan Bumbu Milu Siram

Untuk menyajikan hidangan ini kita tidak banyak membutuhkan bahan dan bumbu. Hanya kurang lebih 10 bahan dan bumbu yang harus kita siapkan seperti terlihat pada daftar berikut!


Bahan dan Bumbu

Jagung Segar
Ikan cakalang / Tuna / Tenggiri
Udang kecil
cabe rawit
bawang merah di iris kasar..
jeruk lemon / nipis
bawang daun
daun kemangi
Kelapa parut segar
:
:
:
:
:
:
:
:
:
5 bonggol
Secukupnya
Segar
10 bh
10 bh iris kasar
3 bh
2 batang
secukupnya
dari 1 buah kelapa


Pada kreasi masakan, bahan-bahan dan juga bumbu tersebut seringkali dimodifikasi atau disesuaikan dengan selera sehingga menghasilkan sebuah masakan yang memiliki cita rasa tersendiri. Meski demikian bagi anda yang belum sempat mengkreasikan masakan tersebut dapat mencoba resep aslinya terlebih dahulu untuk kemudian melakukan kreasi pada masakan selanjutnya.

B. Cara Membuat Masakan Milu Siram Gorontalo Yang Lezat

Bagi yang hobi dengan masakan dengan bahan dasar ikan tak ada salahnya ikut mencoba membuat masakan yang lezat ini. Jika mau mencoba langkah cara membuatnya seperti berikut!
  1. Ikan dibakar kemudian dicabik-cabik kecil
  2. Jagung dipipil kemudian direbus
  3. Bawang daun dan daun kemangi iris halus
  4. Iris-iris kasar cabe merah, bawang merah, bawang daun, dan daun kemangi
  5. Masukkan cabe rawit, bawang merah, bawang daun, daun kemangi, jeruk lemon, udang kecil dan parut kelapa
  6. Campurkan ikan yang sudah dicabik-cabik dengan bumbu yang lain
  7. Masukkan parutan kelapa ke dalam campuran bahan lain
  8. Tambahkan sedikit garam sesuai selera
  9. Siap dihidangkan

Berwisata kuliner di dapur sendiri, kan menarik bukan? Pertama mencoba masakan Gorontalo ini saya terkesan dengan rasanya yang khas dan sekarang giliran anda semua untuk menikmati menu daerah tersebut bersama-sama dengan keluarga tercinta.


Semakin banyak kreasi yang kita lakukan dengan menu-menu asli daerah maka akan semakin banyak koleksi masakan lezat yang akan kita miliki. Karena itu silahkan coba juga beberapa masakan lain yang resep-nya sudah disiapkan di bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post