» » Cara Membuat Ikan Kuah Belimbing NTT

Hari ini kita akan belajar tentang bagaimana cara membuat ikan kuah belimbing NTT yang tentunya merupakan masakan khas Nusa Tenggara Barat. Kalau rindu dengan masakan kampung halaman ini atau ingin ikut merasakan sensasi NTT yang lekat maka mari bersama-sama mencoba memasak menu ikan kuah ini bersama-sama.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara memasak resep ini saya akan sedikit berbicara mengenai belimbing yang menjadi ciri dalam masakan ini. Belimbing

Blimbing Wuluh dalam Masakan Ikan Kuah Belimbing

Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia yang memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m.

Buah belimbing sudah banyak digunakan sebagai bahan rempah untuk bumbu masakan tidak hanya di daerah NTT tetapi di banyak daerah di Indonesia khususnya blimbing sayur (blimbing wuluh/wulung). Beberapa bagian dari tanaman ini seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya bisa dijadikan sebagai bahah ramuan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Beberapa penyakit yang dapat diringankan yaitu antara lain:
  • Sakit Gondongan
  • Obat Batuk
  • Batuk rejan
  • Obat batuk pada anak
  • Diabetes
  • Rematik
  • Sariawan
  • Sakit Gigi
  • Obat Jerawat
  • Obat darah tinggi
  • Gigi berlubang
Sedikit informasi di atas mungkin akan membuat kita semua menyadari mengapa jenis buah yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan bumbu masakan, khususnya masakan-masakan daerah.

Bahan dan Bumbu Ikan Kuah Belimbing 

Kembali ke inti pembahasan, untuk mengawali aktivitas memasak kita mari kita siapkan bahan dan bumbu-bumbu yang akan kita gunakan dalam masakan ini seperti terlihat dalam daftar bahan dan bumbu berikut.


Bahan-Bahan

Ikan tongkol segar
Bawang putih, haluskan
Garam
Jeruk nipis
Air

:
:
:
:
:
500 gram
2 siung
½ sdt
1 sdm
500 ml


Bumbu Halus

Bawang merah
Bawang putih
Cabai merah keriting
Kunyit
Merica
Garam
Gula pasir
Penyedap, bila suka
Jahe, memarkan
Serai, bagian putihnya, memarkan
Daun jeruk purut, buang tulangnya
Daun bawang, potong – potong
Belimbing wuluh, belah 2 membujur

:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
6 siung
3 siung
6 buah
2 cm
½ sdt
1 ½ sdt
1 sdt
¼ sdt
3 cm
2 batang
4 lembar
2 batang
6 buah


Karena bahan dan bumbu yang digunakan sangat umum maka saya yakin kita semua tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkannya. Jadi mari langsung ke proses selanjutnya.

Cara Membuat Ikan Kuah Belimbing NTT

Karena semua sudah siap dan rasa hati yang sudah semakin tidak sabar untuk menikmati menu masakan daerah ini maka mari langsung kita masak saja menu tersebut dengan panduan cara membuat yang disusun di bawah ini.
  1. Siangi ikan tongkol, cuci bersih, tiriskan, potong – potong. 
  2. Lumuri ikan degan bawang putih halus, garam, air jeruk nipis. Sisihkan
  3. Masak air, bumbu halus, jahe serai dan daun jeruk purut sampai harum dan mendidih. Masukkan ikan tongkol. 
  4. Kecilkan apinya, lalu masak sampai matang
  5. Tambahkan daun bawang dan belimbing wuluh. 
  6. Didihkan sekali lagi, kemudian angkat
  7. Sajikan untuk 5 porsi
Cepat dan mudah bukan, makanya bagi yang baru datang silahkan langsung menyusun dengan menyiapkan bahan bumbu lalu mengikuti proses memasak Ikan Kuah Belimbing NTT tersebut. Sampai disini saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post