» » » Ayam Bakar Iloni Khas Daerah Gorontalo

Ayam Bakar Iloni Khas Daerah Gorontalo. Satu lagi resep ayam bakar yang akan kita melalui blog masakan khas daerah ini yaitu ayam bakar iloni khas daerah Gorontalo. Iloni merupakan menu ayam bakar yang dimasak dengan bumbu dan cara memasak yang sedikit berbeda sehingga menimbulkan rasa khas yang lezat dan patut untuk kita coba. 

Yang mau ikutan silahkan langsung ikuti penjelasannya. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya. Resep Gorontalo ini sedikit berbeda dari resep ayam lainnya. Biasanya kita menu ayam bakar langsung dipanggang setelah ayam diberi bumbu. 

Tidak demikian dengan menu yang ini. Untuk membuat masakan ayam bakar iloni kita akan menambahkan bumbu hingga meresap ke daging ayam terlebih dahulu. 

Dalam hal ini kita akan memasak ayam dengan sedikit santan hingga bumbu meresap baru setelah itu ayam dibakar. Untuk lebih jelas, mari kita coba bersama-sama dengan panduan di bawah ini.

A. Bahan dan Bumbu Ayam Bakar Iloni

Ada tiga hal yang akan kita siapkan untuk memasak menu ini yaitu bahan-bahan yang dibutuhkan, bumbu serta bumbu yang dihaluskan. Bahan dan bumbu tersebut dapat dilihat dalam daftar berikut.


Bahan-Bahan

Dada ayam
Santan
Minyak untuk menumis

:
:
:

5 potong
500 ml
2 sdm


Bumbu-Bumbu

Daun pandan, potong pendek
Daun salam
Garam
Sereh

:
:
:
:

1 lembar
2 lembar
1 sdt
2 batang


Bumbu Yang Dihaluskan

Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Jahe
Kunyit
Cabai merah
Cabai rawit

:
:
:
:
:
:
:

5 butir
3 siung
5 butir
1 iris
1 iris
10 buah
6 buah


Setelah semua yang kita butuhkan siap tersedia maka langkah selanjutnya kita dapat langsung mulai memasak dan berkreasi dengan resep tersebut. Caranya ikuti penjelasan seterusnya.

B. Cara Memasak Iloni Khas Gorontalo

Cara memasak menu ini terbagi menjadi dua bagian yaitu yang pertama memasak ayam dengan bumbu hingga meresap dan yang kedua memanggang ayam. Langkah-langkah cara memasaknya secara lengkap yaitu sebagai berikut:

  • Tumis dengan minyak bumbu yang telah dihaluskan bersama bumbu lainnya sampai keluar aroma.
  • Masukkan potongan ayam, aduk sambil tuangi santan sedikits demi sedikit sampai habis, masak sampai kuah kental dan bumbu meresap.
  • Angkat ayamnya lalu dipanggang dalam oven sampai kering dan kuning kecoklatan.
  • Angkat dan hidangkan di atas piring untuk 5 porsi

Kalau dalam resep asli Gorontalo tersebut kita tidak menggunakan bahan pelengkap maka dalam penyajian saya menambahkan beberapa pelengkap yaitu lalapan. Jika anda berkenan anda juga dapat menambahkannya sesuai selera. Sampai disini, semoga bermanfaat.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post