» » » Resep Lawar Ayam Khas Daerah Bali Asli

Resep lawar ayam merupakan masakan khas daerah Bali yang juga sudah banyak dikenal di kalangan umum. Untuk menyajikan menu asli ini tidak banyak yang harus dilakukan selain proses cara membuat masakan lainnya.

Menurut saya pribadi makanan ini menu wajib yang harus kita coba khususnya bagi pecinta kuliner nusantara. Belum pernah mencoba, itu berarti anda juga sebaiknya jangan lewatkan untuk mencoba sendiri di rumah.

Masalah rasa, resep lawar ayam tersebut memang memiliki cita rasa khas nusantara. Ini dihasilkan dari perpaduan bahan serta bumbu yang digunakan dalam masakan tersebut.

Bahan utama dari masakan ini adalah daging ayam yang di suwir atau di iris kecil-kecil. Selain itu bahan tersebut juga dikombinasikan dengan bahan tambahan lain yang berupa sayuran yaitu kacang panjang.

Dari sisi pengolahan, masakan nusantara ini diolah dengan cara di kukus dalam bungkusan daun pisang. Kemudian, dalam penyajian ada berbagai tambahan yang dikombinasikan bawang goreng yang akan membuat masakan ini semakin mantap. 

A. Bahan dan bumbu lawar ayam

Jika sobat berminat untuk mencoba masakan ini di rumah maka dapat mulai disiapkan dari bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu antara lain kacang panjang, kepala parut yang disangrai dan berbagai bahan lain yang berupa bumbu rempah.

Selain bahan di atas kita juga harus mempersiapkan untuk bahan dressing masakan ini. Bahan-bahan dressing tersebut antara lain bumbu kaldu ayam dan perasan jeruk nipis.

Agar lebih mudah, bagi yang ingin belajar memasak sendiri menu tersebut bisa menyiapkan bahan dan bumbu sesuai daftar berikut.

Bahan:
  • 3 cup kacang panjang, potong ukuran ½ cm, rebus.
  • ½ cup kelapa parut, sangrai.
  • Bawang putih, kupas, iris, lalu goreng.
  • 6-8 siung bawang merah, kupas, iris goreng.
  • 2 butir cabai merah, buang bijinya, potong serong.
  • 4-6 butir cabai jawa, iris.
  • 3 sdt cabai kering giling.
  • 2 sdm bumbu kaldu ayam.
  • Bawang goreng secukupnya untuk hiasan

Bahan dressing
  • 250 gram daging ayam tanpa tulang, iris kecil-kecil atau disuwir.
  • 2 sdm bumbu kaldu ayam.
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis.
  • 1 sdt garam.
  • ½ sdt lada hitam, haluskan.
  • Daun pisang untuk pembungkus


Dilihat dari daftar bahan dan bumbu di atas ternyata bahan serta bumbu untuk memasak masakan khas bali ini tidaklah sulit untuk disiapkan.

Bahkan sebagian besar bumbu rempah pastinya banyak yang sudah tersedia di dapur kita. Sekarang kita tinggal mempelajari bagaimana cara pengolahan resep lawar ayam tersebut. Penasaran bagaimana pengolahannya?

Proses memasak atau mengolah makanan ini tidak begitu sulit. Namun begitu bagi kita yang belum pernah mencoba sendiri akan lebih mudah jika kita pelajari langkah-langkah pembuatannya. Makanya kita siapkan saja bagaimana prosesnya dengan mempelajari langkah yang dijelaskan berikut.

    B. Cara membuat lawar ayam

    Membuatnya tidak begitu sulit alias mudah, setelah mempersiapkan bahan di atas kita dapat langsung mulai memasaknya dengan langkah berikut.
    1. Campurkan kacang panjang, kelapa, bawang merah, bawang putih, cabai dan umbu kaldu ayam di dalam mangkuk. Aduk merata.
    2. Untuk dressing campurkan irisan (suwiran) ayam dengan 2 sdm bumbu kaldu ayam. Aduk merata hingga membentuk semacam adonan. 
    3. Setelah itu, letakkan adonan memanjang di atas daun pisang, lalu gulung hingga padat.
    4. Kukus gulungan tadi selama 20 menit.
    5. Lepaskan aluminium foil dan daun pisang. Acak-acak daging ayam dengan garpu.
    6. Campurkan daging ayam dengan kacang panjang rebus. 
    7. Tambahkan garam, merica dan perasan jeruk nipis.
    8. Hias dengan bawang goreng renyah

    Tidak perlu risau dengan hasil rasa akhir yang didapat jika kita memang sedang belajar membuatnya. Yang terpenting adalah kita mendapatkan referensi tambahan untuk menu masakan mudah dibuat di rumah. 
    Resep Lawar Ayam Khas Daerah Bali Asli
    Foto: Lawar Ayam Bali/anekaresepmasakan.net
    Dengan berbagi update resep lawar ayam khas bali ini setidaknya tambah satu lagi menu yang dapat kita siapkan. Yang sudah tidak sabar silahkan mencobanya. Tapi, setelah itu jangan lupakan resep enak lain yang sudah disiapkan di bawah ya.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post