» » » Resep Ikan Sembilang Khas Riau

Resep Ikan Sembilang Khas Riau - Menu masakan ikan sembilang merupakan menu istimewa dari daerah Riau yang akan kita ulas sedikit pada update masakan khas daerah kali ini. Bagi sobat netter yang hobi dengan masakan panggan dapat langsung mencoba Resep Ikan Sembilang Khas Riau yang akan diberikan setelah ini.

Ikan sembilang adalah ikan yang sering mendominasi pinggir laut atau di muara muara sungai. Ikan ini hidup secara berkumpulan serta aggresif. Ikan ini termasuk klas Actinopterygii, ordo Siluriformes, familia Plotosidae. Hidup di sungai besar atau anak sungai utama di bagian hilir, sering juga terdapat di muara sungai, perairan estuaria, tapi tidak menetap di perairan tawar, pada kedalaman 0-10 meter. 

Ikan ini tersebar di Indo-Pasific Barat, dan Kepulauan Indo-Australia. Di Sumatera Selatan, ikan sembilang terdistribusi di daerah Musi Banyuasin, dan kadang-kadang di Sungai Musi bagian tengah (Utomo, et al., 2007). Harga ikan ini cukup mahal yaitu berkisar Rp.20.000,- hingga Rp.30.000,- tiap kilogramnya. Alat tangkap yang biasa digunakan untuk mendapatkan sembilang dengan belad atau pancing. Saat ini populasi di alam sudah semakin berkurang.

Untuk mencoba membuat masakan ikan sembilang khas dari daerah Riau ini silahkan anda membaca resep cara membuatnya yang lengkap berikut ini.

Bahan Resep Ikan Sembilang
  • 500 gm ikan sembilang
  • 20 gm bawang merah
  • 3 sm merica
  • 10 biji cabe rawit
  • Bawang merah, merica & cabe rawit ditumbuk
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Sedikit garam, gula pasir & serbuk lada hitam
  • 1 sendok kecil biji ketumbar & jintan
  • Sedikit buah asam belimbing
Cara Membuat Resep Ikan Sembilang Khas Riau
  1. Potong ikan dan bersihkan dengan air asam jawa.
  2. Aduk ikan dengan garam dan panggang hingga masak.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng dan tumiskan bahan tumbukan
  4. Masukkan buah belimbing dan serbuk lada hitam.
  5. Kemudian masukkan ikan, garam, gula pasir, jintan dan biji ketumbar.
  6. Tunggu hingga bumbu meresap dan aroma wangi tercium
  7. Angkat dan siap dihidangkan

Masakan Ikan Sembilang

Menu memang tidak kalah dengan menu Riau lainnya seperti sate ikan senapelan karena itu tak heran kalau resep ini juga banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Lain waktu saya akan mencoba menghadirkan menu-menu lain yang tak kalah lezat jadi pastikan sobat netter semua rajin berkunjung ke blog ini agar tidak ketinggalan menu spesial lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post