» » » Masakan Ayam Rica-Rica Khas Manado

Rencananya saya akan berbagi resep ayam khas Manado rica-rica ini sudah dari kemarin namun karena jari-jari saya terasa sedikit kaku setelah beberapa menu khas daerah sebelumnya jadi baru hari ini saya dapat berbagi pedasnya "Masakan Ayam Rica-Rica Khas Manado" untuk sobat netter semua.

Sesuai dengan namanya, ayam rica-rica yang merupakan salah satu panganan khas daerah Manado, Sulawesi Utara yang terkenal dengan "cabai" atau rasa pedasnya. Menu ayam rica-rica ini biasanya disajikan sebagai lauk bersama nasi putih. Bagaimana cara membuat ayam rica-rica ini? 

Masakan khas daerah yang satu ini sesuai dengan namanya terbuat dari bahan dasar ayam jadi merupakan salah satu variasi masakan berbahan dasar daging ayam. Jika disajikan, masakan ini begitu mengundang selera dengan tampilannya yang benderang. 

Untuk bumbu, masakan ini menggunakan bahan bumbu rempah yang umumnya banyak digunakan pada masakan nusantara. Bumbu tersebut antara lain jahe, serai, bawang dan sebagainya. Untuk membuat masakan ini tidaklah begitu sulit.

Pertama kita siapkan bumbu lalu di tumis, masuk ayam dan tunggu sampai matang dan airnya mengering. Dari pada penasaran dengan masakan ini lebih baik kita coba saja langsung untuk membuatnya dengan panduan berikut.

A. Bahan-Bahan Masakan

Pertama-tama dalam membuat menu spesial ini kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahan dasar untuk membuat ayam rica-rica tersebut, antara lain sebagai berikut:
  • 1 ekor ayam potong (bersihkan lalu potong menjadi 15 bagian). 
  • 2 batang serai (geprek lalu memarkan). 
  • 1 ruas jahe (geprek lalu memarkan). 
  • 4 lbr daun jeruk purut. 
  • 1 lbr daun pandan. 
  • 1 gelas air putih. 
  • 5 sdm minyak goreng 

Setelah menyiapkan bahan dasar, selanjutnya kita akan menyiapkan bumbu halus untuk masakan ini. Bumbu ayam rica-rica yang dihaluskan ini sebagai berikut:
  • 1,5 sdt garam halus. 
  • 25 bh cabai merah keriting. 
  • 6 siung bawang merah. 
  • 4 siung bawang putih. 

B. Cara membuat Ayam Rica-Rica Khas Manado

Jika belum pernah membuat masakan ini mungkin kita akan sedikit kurang percaya diri. Hal tersebut seharusnya tidak perlu ada karena masakan ini tergolong jenis masakan daerah yang mudah dibuat dengan rasa yang mantap. Kalau di atas sudah disinggung sedikit mengenai bagaimana memasak masakan ini sekarang kita pelajari terlebih dahulu langkah atau proses pembuatannya. Untuk membuat masakan dari Manado tersebut langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Pertama-tama lumuri ayam yang telah dibersihkan tadi dengan garam, kemudian siram dengan perasan jeruk nipis.
  2. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit.
  3. Goreng potongan ayam tadi setengah matang, kemudian tiris kan
  4. Selanjutnya, tumis bumbu ayam rica-rica tadi hingga harum.
  5. Masukan potongan ayam kedalam bumbu tumisan. 
  6. Masukkan pula serai, jahe, daun jeruk purut, daun pandan, dan tuangkan 1 gelas air putih tadi. 
  7. Aduk merata.
  8. Masak dan diamkan hingga kandungan air mengering.
  9. Ayam rica-rica siap disajikan.

Kekayaan kuliner nusantara memang sangatlah beragam dan memiliki cita rasa tersendiri yang mampu membuang kejenuhan dan kebosanan dari masakan sehari-hari, apalagi dengan ditambah menu spesial kali ini yang saya bahas melalui update menu masakan Ayam Rica-Rica Khas Manado.


Dengan bertambahnya satu lagi masakan dalam daftar menu kita, saya pastikan keluarga tercinta tidak akan pernah berpaling dari lezatnya hidangan rumah yang disajikan. Sambil santai, sambil mencari menu-menu spesial lain. Di situs ini ada banyak pilihan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post