» » » Hidangan Sambal Goreng Petis Khas Jawa Timur

Sambal Goreng Petis - Tidak memiliki daftar masakan yang beragam terkadang jadi masalah serius bagi kaum wanita, agar dapat menghindarinya kali ini satu masakan khas jawa timur akan saya siapkan yaitu "Hidangan Sambal Goreng Petis Khas Jawa Timur". Mari kita kupas selengkapnya tentang menu tersebut.

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan saya akan sedikit mengulas mengenai pengertian petis ini. Petis adalah merupakan produk olahan makanan sebagai pendamping makanan berkuah. Petis ini biasanya dari pindang, kupang, atau udang yang dimasak hingga kuah nya kental seperti saus yang lebih padat.

Selain udang dan kupang, di (Boyolali), Jawa Tengah, Indonesia dikenal juga petis sapi yaitu petis yang terbuat dari hasil sampingan dalam proses pembuatan dendeng dan abon sapi.

Bahan-Bahan Sambal Goreng Petis 

Setelah mengenal sedikit mengenai apa itu petis sekarang kita akan menyiapkan bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat sambal goreng petis. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

Bahan-Bahan
  • 5 sdm petis udang
  • 12 buah cabai rawit yang diiris halus
  • 2 cm lengkuas yang dimemarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdm air asam
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 300 ml santan
  • Garam secukupnya
Selain bahan pada daftar di atas anda juga harus menyiapkan bahan bumbu untuk membuat sambal yang satu ini. Berbagai bumbu tersebut bisa anda siapkan sesuai daftar bumbu berikut.

Bahan bumbu halus
  1. 5 buah cabai merah
  2. 5 buah cabai hijau
  3. 6 siung bawang putih
  4. 1 cm kunyit
  5. 12 butir bawang merah
  6. Garam secukupnya
Rasa pedas sambal ini diukur dari penggunaan cabai, jika anda sudah mencoba membuatnya dengan takaran bahan di atas anda bisa menyesuaikan tingkat pedas sambal ini dengan menambah atau mengurangi cabai yang digunakan sesuai dengan selera masing-masing. Menurut saya pribadi, yang namanya sambal pasti lebih enak kalau pedas jadi pastikan sambal tersebut sudah cukup pedas untuk anda nikmati.

Cara Memasak Sambal Goreng Petis Khas Jawa Timur

Setelah semua bahan kita siapkan langkah selanjutnya adalah membuat masakan sambal petis spesial ini. Untuk membuatnya silahkan ikuti cara membuatnya berikut!
  1. Pertama-tama tumis bumbu yang dihaluskan bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai harum dan matang
  2. Selanjutnya masukkan campuran cabai rawit, air asam, petis udang ke dalam tumisan.
  3. Tuang juga santan ke dalam tumisan, lalu didihkan
  4. Masak sampai sambal berminyak
  5. Angkat dan siap disajikan
Sisi unik dan khas dari sambal ini terletak pada penggunaan petis, jika anda berniat melakukan kreasi maka pastikan anda tidak mengganti bahan tersebut. Kalau anda mengganti bahan utama tentunya sambal yang akan dihasilkan bukan lagi menjadi Sambal Goreng Petis Khas Jawa Timur. Benar bukan?

Hidangan Sambal Goreng Petis Khas Jawa Timur

Dengan menyiapkan hidangan sambal goreng petis khas jawa timur ini maka saya yakin menu utama kali ini akan lebih mantap dan berkesan bagi semua anggota keluarga di rumah. Jadi, tunggu apalagi silahkan langsung kreasikan sambal petis khas ini melalui dapur sobat semua.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post