» » » Belajar Membuat Cenil, Jajanan Pasar yang Enak

Kue khas daerah, itulah yang akan kita coba kali ini. Ya, kali ini kita akan belajar membuat jajan pasar yaitu kue cenil. Jajanan kue cenil ini adalah salah satu kue tradisional yang sudah sangat terkenal, rasanya enak dan tentunya khas sekali. Meski termasuk masakan tradisional namun dari segi rasa kue yang satu ini tetap bisa di adu dengan kue modern, tidak percaya, anda bisa belajar membuatnya sendiri untuk membuktikannya.

Tak jelaskan sedikit mengenai kue cenil ini ya, cenil ini adalah salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari pati singkong. Cenil ini banyak dikenal di berbagai daerah di Indonesia, meski begitu jenis jajanan ini tidak bisa dijumpai di sembarang tempat, biasanya kue ini dijual di pasar-pasar tradisional. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa dan juga gula, kenyal gurih dan manis, anda harus mencobanya sendiri deh. 

Untuk asalnya, saya sendiri sedikit tidak jelas mengenai asal daerah kue cenil. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa asal kue cenil adalah dari daerah jawa barat dan jawa timur, tapi sudahlah tak usah di bahas lebih lanjut. Yang terpenting dari pembahasan ini adalah kita akan membuat satu kue khas daerah yang enak yaitu jajanan pasar cenil. Untuk membuat jajan pasar ini tidak sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Jika anda berminat anda bisa belajar dengan panduan yang akan diberikan disini.

Bahan - Bahan Jajanan Kue Cenil

Di atas sudah dijelaskan bahwa jajanan ini dibuat dengan bahan dasar pati singkong, nah sekarang karena kita akan belajar membuatnya maka kita akan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Tidak banyak dan mudah untuk disiapkan, bagi yang ingin ikutan bisa langsung menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai daftar di bawah ini.
  • 275 gram tepung sagu. 
  • 100 ml air mendidih (nambahin sampe 200 ml). 
  • ½ butir kelapa agak muda, parut. 
  • ¼ sendok teh garam. 
  • 100 gram gula pasir yang halus butirannya. 
  • Pewarna merah dan hijau. 
Sedikit bukan bahan-bahan yang harus kita siapkan. Karena sedikit pasti anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Sekarang kalau anda sudah siap kita akan lanjutkan Resep Jananan Pasar Cenil ini ke langkah selanjutnya yaitu proses pembuatan. Caranya bisa anda pelajari dari uraian di bawah ini.

Cara Membuat Cenil, Jajanan Pasar yang Enak

Sudah, tidak usah ragu-ragu, untuk membuat kue cenil ini anda tidak akan kesulitan kok, kalau takut salah anda bisa mempelajari langkah-langkahnya terlebih dahulu baru setelah itu mencobanya sendiri. Yakin tidak sulit, kalau sudah siap dengan bahan yang dibutuhkan anda bisa mulai dengan mengikuti langkah berikut.
  1. 1 sdm tepung sagu cairkan dengan 2 sdm air dingin terus tuang ke air mendidih
  2. Angkat dari api dan aduk sampai kental
  3. Masukkan sisa tepung dan aduk dengan tangan sampai bisa dibentuk
  4. Bagi adonan jadi 3 bagian, diberi pewarna merah
  5. Panaskan 2 ltr air sambil bentuk adonan
  6. Rebus adonan dan angkat bila sudah mengapung lalu tiriskan
  7. Gulingkan diatas kelapa parut, tata diatas piring saji dan tabur dengan gula
Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat jajan cenil sendiri? Sekarang anda sudah memiliki satu ide kue daerah yang bisa anda sajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Sesekali disajikan pasti akan menjadi kejutan yang dinantikan oleh keluarga. Eh iya, jika anda membuat cenil, kelapa dan garam dicampur, bungkus dengan daun pisang dan kukus selama 10 menit supaya tidak cepat basi. 

Belajar Membuat Cenil, Jajanan Pasar yang Enak

Jajanan ini bisa anda sajikan saat-saat tertentu misalnya saat akhir pekan sebagai menu kejutan bagi keluarga. Lumayan bukan, kalau disajikan kue modern terus mungkin akan bosan maka dari itu bisa di selingi dengan jajanan tradisional. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post