» » » » Resep Masakan Ikan Tongkol Bakar Gurih

Resep Masakan Ikan Tongkol Bakar Gurih - Paling suka dengan santapan sejenis ikan bakar anda harus mencoba kuliner khas nusantara yang satu ini. Ikan Tongkol Bakar adalah satu dari sekian banyak menu lezat yang biasa disajikan sore hari.

Jenis masakan panggangan atau bakar seperti ini paling cocok dijadikan variasi menu sehari-hari. Jadi selain menu masakan berkuah ikan bakar akan menambah selera makan seluruh keluarga tercinta. Bisa di pastikan, menu yang satu ini gurih dan lezat, siapa yang bisa menolaknya?

Akan lebih mantap jika anda sendiri bisa menyajikan Masakan Ikan Tongkol Bakar Gurih ini untuk keluarga di rumah. Cara membuatnya mudah, bahan dan bumbu nya juga mudah disiapkan, mau?

Bahan dan Bumbu Ikan Tongkol Bakar Gurih

Kalau anda berminat ingin ikut merasakan kreasi masakan ini anda bisa mulai dengan menyiapkan peralatan masaknya. Setelah itu anda bisa langsung menyiapkan bahan-bahan serta bumbu yang digunakan. Bahan dan bumbu Ikan Tongkol Bakar tersebut yaitu seperti pada daftar berikut!


Bahan Dasar
- 1 Ekor Ikan Tongkol Sedang
- 1 sdm garam
- 2 sdm air jeruk nipis
- Mentega

Bahan Bumbu
- 2 siung bawang putih
- 4 ruas jari jahe
- 4 sdm kecap manis
- 4 sdm saus tomat
- 2 sdm sambal botol
- Cabe Rawit sesuai dengan selera pedas anda

Cara Membuat Masakan Ikan Tongkol Bakar Gurih

Apakah semua bahan dan bumbu di atas sudah anda siapkan, sesuai dengan takaran bukan? Kalau sudah anda bisa langsung mulai proses memasaknya. Bagaimana caranya, silahkan diikuti cara membuat ikan tongkol bakar langkah demi langkah sebagai berikut:
  1. Bersihkan Ikan Tongkol lalu rendam dengan garam dan air jeruk diamkan selama 25 menit
  2. Haluskan semua bumbu untuk  ikan tongkol bakar setengah matang kemudian olesi ikan tongkol dengan bumbu dan mentega dan bakarlah ikan tongkol setengah matang
  3. Setelah ikan tongkol setengah matang olesi kembali ikan dan Bakar  ikan sambil di bolak-balik dan sesekali diolesi bumbu sampai matang.
  4. Setelah matang angkat dan sajikan dengan sambal kecap atau sambal terasi
Mudah bukan, pasti anda bisa mengikutinya. Perlu di catat, jika suka anda bisa melakukan sedikit improvisasi terhadap Resep Masakan Ikan Tongkol Bakar tersebut, tentunya dengan selera dan kebutuhan anda dan keluarga tercinta.

Selesai dengan menu di atas anda bisa melihat beberapa menu ikan bakar lain yang pastinya tidak kalah seru dengan yang ini, resepnya ada di bagian bawah. Bagaimana dengan minumannya, apa yang akan anda sajikan untuk mendampingi Ikan Tongkol Bakar tersebut, silahkan pilih di bagian bawah!

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post