» » » Cara Membuat Martabak Manis

Cara Membuat Martabak Manis - Paling suka dengan martabak manis, mau tahu bagaimana cara membuat jenis masakan ini? Kalau anda penasaran dan ingin mencobanya silahkan ikuti panduan pada Resep Martabak Manis yang akan diberikan. 

Sudah tahu Martabak Manis bukan? Ya, nama penganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Bagi daerah yang menamakannya kue bulan atau terang bulan, penggemarnya merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" karena sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak. 

Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya martabak manis, maka penganan martabak terbagi dua menjadi martabak manis (seperti yang terdapat dalam gambar) atau martabak asin. Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik, kue atau martabak terang bulan, Martabak Bangka, kue pinang, bandung, atau Martabak Jepang. Di Pontianak makanan ini dinamakan apam pinang. 

Yasudah, dari pada panjang lebar tidak karuan kita langsung saja belajar Cara Membuat Martabak Manis tersebut. Bahan-bahannya tidak banyak dan cara membuatnya juga tidak sulit, silahkan di coba.

Bahan Bahan Martabak Manis
350 gram tepung terigu
75 gram gula pasir
3 butir telur, dikocok sebentar
500 ml susu hangat
5 gram ragi instant
½ sendok teh baking powder
½ sendok teh garam

Cara Membuat Martabak Manis
  1. Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder dan garam
  2. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan susu hangat, aduk kembali. Tutup dengan lap. Diamkan adonan hingga mengembang selama 2 jam
  3. Masukkan dalam wajan anti lengket (atau wajan yang tebal) dengan api sedang. Jika sudah tampak lubang-lubang baru tutup (jika api kurang panas adonan bisa tidak berlubang)
  4. Untuk taburan diatasnya bisa divariasikan dengan keju, kacang, coklat mesis atau wijen sesuai selera
Mudah bukan, sekarang dengan panduan Cara Membuat Martabak Manis tersebut anda bisa menghidangkan sendiri jenis jajanan ini di rumah. Semoga pembahasan kita mengenai Resep Martabak Manis ini bisa bermanfaat. Kalau sudah selesai silahkan coba juga jajanan lainnya!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post