» » » » Resep Puding Sirsak untuk Berbuka Puasa

Menjalang bulan puasa banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah berbagai menu - menu pilihan yang akan disajikan baik untuk berbuka maupun untuk makan sahur. Untuk menu berbuka puasa, puding sirsak bisa dijadikan tambahan menu yang sudah ada. 


Sirsak adalah salah satu buah yang juga kaya manfaat. Sayangnya di kehidupan sehari-hari buah ini kurang begitu populer. Kalau ada bahan, kita tentu bisa menyajikan sirsak ini menjadi sebuah menu kreasi yang menarik.

Pohon sirsak kan masih bisa tumbuh di banyak wilayah Indonesia. Maka dari itu tidak salah juga kalau kita memasukkan buah ini kedalam daftar yang harus ada. Minimal pada musim-musin tertentu. Yang namanya buah kan ada musimnya.

Tapi ya siapa tahu saja ada yang punya. Jadi bisa dikreasikan dengan resep puding sirsak yang akan kita coba ini. Nah, kalau mau coba, kita bisa belajar bersama-sama ya. Kita mulai dari menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Baru prosesnya kita ikuti sesuai panduan. Mudah kok.

A. Bahan yang diperlukan
Kalau buat puding bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak kok. Begitu juga dengan puding buah yang satu ini. Yang mau mencoba silahkan langsung disiapkan sesuai daftar yang ada di bawah ini.
  • 3 bungkus agar-agar 
  • 3/4 buah sirsak 
  • 3 putih telur 
  • 8 gelas air (1 /12 gelas untuk sirsak, 6 1/2 gelas untuk agar-agar) 
  • 8 sendok makan gula pasir 
Ada agar-agar, ada buah sirsak, telur dan juga gula pasir. Tinggal disiapkan sesuai takaran. Kalau sudah, silahkan mulai prosesnya seperti langkah yang akan dijelaskan di bagian berikutnya ya.

B. Cara membuat
Bagaimana cara membuat kue puding buah yang satu ini? Apakah mudah? Ya, cukup mudah. Kalau yang belum pernah membuat puding buah dari sirsak silahkan ikuti langkah-langkah proses pembuatannya di bawah ini.
  1. Bersihkan sirsak dari bijinya, blender dengan 1 1/2 gelas air. 
  2. Rebus 6 1/2 gelas air dengan gula dan agar-agar sampai mendidih. 
  3. Masukkan sirsak yang telah diblender, aduk. 
  4. Kocok putih telur sampai mengembang, masukkan agar-agar, sirsak kedalam putih telur, diamkan sampai agar-agar keras.

Puding buah bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyiasati anggota keluarga kita yang kurang makan buah. Makanya bisa dikombinasikan atau diolah lebih jauh. Dari segi rasa, puding buah sirsak ini tak kalah dari yang lain.

Bisa dicoba sendiri. Nanti kalau sudah dicoba bisa dilihat apa yang kurang pas. Kalau ada yang kurang pas dengan selera nanti bisa disesuaikan. Jangan lupa juga untuk mencoba beberapa menu kreasi puding yang lainnya ya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post