» » » Resep Puding Karamel Lembut dan Mudah Dibuat

Puding karamel, siapa yang suka? Mungkin semua suka ya. Nah, untuk edisi resep kue mudah kali ini kita akan mengajak ibu-ibu dan rekan remaja putri semua untuk mencoba satu resep istimewa yaitu puding karamel. Mau ikutan?

Ilustrasi Puding Karamel

Jangan takut tidak tahu bagaimana cara membuat puding karamel ini ya. Karena nanti kita akan membahasnya secara jelas dan ringkas. Kita akan bahas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kue ini dan bagaimana proses pembuatannya. 

A. Bahan - bahan

Tidak banyak, tenang saja. Kalau bicara bahan kita hanya memerlukan beberapa macam bahan saja. Mulai dari telur, susu dan juga gula pasir. Selain itu kita juga akan membutuhkan bahan-bahan untuk karamelnya. Apa saja, langsung siapkan seperti daftar berikut!

Bahan utama

  • 6 butir kuning telur 
  • 1 liter susu 
  • 200 gram gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh essens vanili 
  • 4 butir telur

Bahan karamel

  • 300 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Siapkan semua bahan di atas terlebih dahulu. Pertama untuk bahan utamanya yaitu antara lain kuning telur, susu, gula pasir garam dan esen vanili. Bahan untuk karamelnya juga jangan lupa ya. Silahkan disiapkan semua.

B. Cara membuat

Bagaimana membuat puding yang satu ini? Tidak jauh berbeda dengan proses lainnya. Jangan takut tidak bisa ya. Kalau memang belum pernah sama sekali mencoba membuat kue ini silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut!

  1. Karamel: masak gula pasir bersama air jeruk nipis hingga menjadi karamel. 
  2. Olesi pinggan tahan panas dengan mentega, tuang karamel selagi panas, biarkan hingga mengeras. 
  3. Campur susu, gula pasir, kuning telur, dan vanili, masak tidak perlu hingga mendidih, angkat. 
  4. Kocok telur, tapi tidak sampai mengembang, masukkan susu hangat kemudian saring. 
  5. Tuangkan adonan dalam pinggan berisi karamel, lalu taruh dalam loyang berisi air. 
  6. Panggang dalam aven bersuhu 100 derajat c selama 1 1/2 jam hingga matang dan padat. 
  7. Setelah dingin keluarkan dari cetakan.
Tara, akhirnya jadi juga kan? Makanya jangan takut dulu meski belum pernah mencoba sendiri. Namanya juga belajar. Kalau hasilnya kurang memuaskan ya wajar kalau baru pertama kali. Yang penting kan kita tahu bagaimana resep puding karamel ini.

Kalau kurang memuaskan nanti juga bisa dicoba lagi. Dua tiga kali pasti hasilnya akan lebih baik. Makanya, jangan takut mencoba menu-menu sajian yang belum pernah ya. Supaya tidak bosan dan supaya semakin banyak pilihan. Itu saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post