» » » Kue Bawang yang Renyah dan Gurih

Resep Kue Bawang yang Renyah dan Gurih - Anda pasti sudah pernah dong mencicipi camilan kue kering yang satu ini? Ya kue bawang namanya. Ada juga yang menyebutnya keripik bawang. Camilan yang satu ini memang rasanya begitu crispy  dan gurih.

Tak ayal mereka yang memakan kue bawang tersebut tak mau berhenti gigit dan gigit lagi. Dengan alasan tersebut maka kita akan belajar bagaimana membuat sendiri cemilan tersebut yaitu dengan mempelajari Resep Kue Bawang yang sudah disiapkan.

Kue ini disukai oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya banyak tersedia di warung-warung tempat sekitar anda. Di santap disaat santai nonton TV atau ketika sedang jenuh di rumah sambil membaca buku.

Nah kali ini kita akan mengajak anda untuk mencoba membuat makanan ringan camilan Kue Bawang Renyah dan Gurih tersebut. Bagaimana cara memasak kue ini, simak ulasan di bawah ini.

Paling banyak kita jumpai, kue ini dihidangkan di saat hari-hari khusus seperti misalnya hari raya lebaran, tahun baru, acara selamatan atau acara-acara khusus lainnya. Kue kering ini terkadang juga bisa kita jumpai di acara pernikahan. Sebenarnya apakah sulit untuk membuat kue tersebut dan apa saja bahan yang dibutuhkan?

Kue Bawang adalah jenis kue yang tidak begitu sulit di buat, kue ini menggunakan bahan dasar tepung sagu dan terigu dengan berbagai bahan bumbu seperti bawang merah, telur garam dan lain sebagainya. Proses pembuatan kue ini tidak begitu rumit yaitu pertama kita siapkan adonan, setelah itu kita bentuk lalu digoreng. Cukup mudah bahkan untuk kita yang belum terbiasa membuatnya. 

A. Bahan-bahan Kue

Bahan yang digunakan untuk membuat kue kering ini tidaklah banyak dan tidak pula susah untuk disiapkan. Bagi kita yang ingin mencoba membuat kue ini tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan berbagai bahan yang dibutuhkan. Bahan untuk kue bawang gurih tersebut seperti pada daftar di bawah ini.
  • bawang merah, 10 biji, dicincang secara halus
  • telur ayam, 1 buah, di kocok lepas
  • garam, 2 sendok teh 
  • santan 325 ml dari 1/2 butir kelapa
  • merica bubuk, 1/4 sendok teh
  • seledri cincang, 3 sendok makan
Diayak:
  • tepung sagu, 200 gram 
  • tepung terigu, 500 gram

Bahan pertama yang akan kita siapkan adalah bawang merah, telur, garam, santan, merica bubuk dan juga seledri cincang. Semua bahan tersebut kita siapkan sesuai dengan takaran atau ukuran yang ada pada daftar di atas.

Setelah bahan pertama siap sekarang kita siapkan bahan lainnya yaitu tepung terigu dan juga tepung satu. Untuk tepung sagu kita gunakan sebanyak 200 gram sedangkan tepung terigu-nya kita siapkan sebanyak 500 gram. 

Pertama kita gunakan semua bahan sesuai dengan ukuran atau takaran yang ada di atas. Lain waktu jika kita sudah mencoba resep masakan ini maka kita bisa menyesuaikan kebutuhan sesuai keinginan.

Kita bisa merubah takaran dari berbagai bahan tersebut sesuai dengan kebutuhan banyak sedikitnya kue yang diinginkan. Kita juga bisa melakukan penyesuaian dan melakukan uji coba untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai dengan yang kita inginkan. 

B. Cara Membuat Kue Bawang Renyah

Kan sudah dijelaskan panjang lebar mengenai berbagai bahan yang dibutuhkan, sekarang kita bahas proses pembuatan dari kue ini. Seperti yang sudah disinggung di bagian awal, membuat kue bawang mudah dan tidak terlalu rumit.

Inti prosesnya kita buat adonan lalu kita goreng. Untuk proses selengkapnya mengenai pembuatan mari kita ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pertama tepung bersama telur, garam dan merica di aduk hingga rata. Lalu masukan bawang merah juga seledri cincang, aduk-aduk lagi sampai merata.
  2. Masukan santan, aduk sampai rata sampai adonannya dapat dibentuk.
  3. Selanjutnya giling secara tipis adonan sampai berukuran setengah sentimeter, dan potong bentuk wajik berukuran 3 x 5 cm.
  4. Panaskan minyak, digoreng dalam minyak banyak sampai matang atau warnanya kuning kecokelatan. 
  5. Sekarang diangkat lalu tiriskan.

Saat pertama belajar Resep Kue Bawang yang Renyah dan Gurih ini satu-satunya kendala adalah pada rasa dari kue tersebut. Hasil olahan pertama sudah dapat dikatakan cukup sukses dengan hasil tekstur kue yang cukup renyah dengan warna yang menarik.

Kue Bawang Renyah dan Gurih

Yang kurang memuaskan adalah rasa, dari segi rasa memang masih sedikit kurang memuaskan. Maklum lidah kita berbeda dalam mengecap rasa setiap sajian jadi untuk anda yang ingin mencoba membuat kue ini nanti bisa berkreasi sendiri. 

Satu yang bisa dicatat dari resep ini adalah bahwa resep ini cukup mudah untuk dicoba. Yang belum pernah membuat kue khususnya untuk Kue Bawang tidak perlu takut gagal, pertama mungkin hasilnya tidak akan begitu memuaskan namun dua tiga kali mencoba pasti hasilnya lebih bagus lagi. Kali ini itu saja, jangan lupa coba juga beberapa kue lain di bagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post