» » » Resep Kue Carabikang Khas Daerah

Resep Kue Carabikang Khas Daerah - Urusan perut memang tidak ada habisnya, apalagi jika kita bicara masalah kue, pasti banyak yang suka. Kalau untuk kita kaum ibu membuat kue merupakan kegiatan wajib yang ekstra, apalagi untuk kue yang belum pernah kita buat. Hari ini sengaja dipilih kue khas yang cukup spesial yaitu Kue Carabikang. Mau ikutan?

Kenapa memilih kue ini? Alasan pertama adalah karena kue ini cantik dengan paduan warna yang mengundang selera yaitu merah, hijau dan coklat. Kue carabikang ini kita pilih juga karena tekstur-nya yang lembut, berongga. Kalau dilihat dari tampilannya, kue ini mirip dengan kue sarang semut atau bika ambon. Ada tapi-nya nih, untuk membuat kue ini sedikit rumit jadi diperlukan kesabaran dan ketelatenan ekstra apalagi untuk kita yang baru belajar Membuat Kue Carabikang Khas tersebut.

Tak perlu putus asa, sulit bukan berarti tidak bisa apalagi kalau kita belajar dengan menggunakan panduan yang sudah disiapkan. Masakan khas daerah yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dengan beberapa kombinasi bahan lain. Yang ingin ikut belajar membuat kue tersebut bisa menggunakan langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

Bahan Kue Carabikang

Di atas sudah disinggung mengenai bahan dasar dari kue ini yaitu tepung beras. Tapi selain bahan dasar tersebut tentunya masih ada bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat kue tersebut. Berbicara mengenai bahan, untuk kue carabikang ada dua jenis bahan yang harus kita siapkan. Bahan pertama adalah bahan dasar dan yang kedua adalah bahan untuk biang. Selengkapnya untuk bahan tersebut bisa kita siapkan sesuai pada daftar berikut.

Bahan Dasar
  • 170 gr tepung beras
  • 25 gr tepung terigu protein sedang
  • 75 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 350 ml santan
  • 2 tetes pewarna merah
  • 1 tetes pewarna hijau muda
  • 1 tetes pewarna coklat
  • 20 ml santan kental, didihkan, untuk olesan

Bahan Adonan Biang
  • 2 sdt tepung beras
  • 75 ml santan
Siapkan semua bahan sesuai dengan daftar bahan yang ada di atas. Setelah itu kita bisa mulai mempelajari bagaimana langkah pembuatan kue tersebut. Khusus untuk kita yang belum pernah membuat kue ini sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu cara membuat kue tersebut sampai paham. Baru setelah kita paham kita coba membuatnya sendiri.

Cara Membuat Kue Carabikang Khas Daerah 

Sekarang kita sampai pada proses pembuatan Kue Carabikang Khas Daerah. Kita akan mempelajari terlebih dahulu langkah-langkahnya terlebih dahulu sampai paham. Setelah itu baru kita bisa mulai belajar membuat kue tersebut. Di atas telah disebutkan bahwa untuk membuat kue ini sedikit ribet jadi perlu dipastikan bahwa kita paham dengan prosesnya.

Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Setelah itu kita juga akan menyiapkan peralatan untuk membuat kue tersebut. Bahan siap, alat dalam keadaan bersih, kita mulai ke proses pembuatan. Langkah-langkah dalam membuat carabikang adalah sebagai berikut:
  1. Buat bahan biang: masak tepung beras dan santan sambil diaduk sampai mengental. Angkat.
  2. Panas-panas tuang ke dalam campuran tepung beras, tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu.
  3. Tuang santan sambil diuleni dan dipukul-pukul selama 30 menit.
  4. Ambil satu sendok makan adonan. Tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata. Ambil lagi satu sendok makan adonan. Tambahkan pewarna hijau muda. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Panaskan cetakan carabikang hingga benar-benar panas, olesi dengan sedikit minyak.
  6. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Teteskan adonan merah dan hijau.
  7. Panggang sampai berlubang-lubang. Kecilkan api dan biarkan matang. Cungkil bagian bawah tengah adonan. Tahan sampai merekah. Angkat.
  8. Oles permukaan dan bagian bawah kue carabikang dengan rebusan santan. Sajikan.
Saatnya menikmati hasil jerih payah. Semua proses telah kita lakukan, jangan kecewa, mungkin hasilnya kurang memuaskan tapi wajar karena kita baru pertama kali membuat masakan ini. Yang perlu kita pelajari selanjutnya adalah melatih kepekaan kita dalam semua proses tersebut. Jika melakukan perubahan maka jangan lupa untuk mencatat berbagai perubahan tersebut agar dapat lebih mudah dalam melakukan kreasi lain waktu.

KUE CARABIKANG

Dengan terhidangnya kue ini maka pembicaraan kita mengenai Resep Kue Carabikang Khas Daerah telah selesai. Kita bisa mencoba resep ini lagi lain waktu agar lebih mahir lagi dalam membuatnya. Kreasi juga bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan selera kita. Mudah-mudahan resep kali ini bisa menambah koleksi resep yang sudah ada.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post