» » » Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong

Pernah menyantap Kue Tradisional Gemblong bukan, tahu bagaimana cara membuat kue khas tersebut? Kali ini kita akan nostalgia dengan sebuah sajian kue tradisional yang mantap, legit, gurih yaitu kue gemblong. Kue yang terbuat dari tepung beras ketan ini rasanya enak dan cocok untuk hidangan pendamping teh atau kopi. Anda ingin bisa membuat sendiri kue tersebut?

Jenis kue khas daerah yang satu ini memang sudah sedikit ditinggal, bukan karena rasanya yang tidak enak namun lebih karena gaya hidup yang mulai berubah. Jika anda pernah menyantap kue ini pasti anda setuju bahwa kue ini rasanya tidak kalah dengan kue jaman sekarang. Masalahnya adalah sekarang orang lebih suka membuat kue modern yang terlihat lebih wah.

Tidak ada salahnya sebenarnya menyajikan kue ini di waktu-waktu tertentu, pasti akan menjadi sebuah hidangan yang akan sangat dinikmati oleh anggota keluarga, apalagi karena jarang disajikan. Meski dengan rasa enak, gurih manis namun kue ini mudah untuk dibuat, bahan-bahannya pun tidak sulit untuk disiapkan. Anda yang ingin menyiapkan sendiri hidangan ini bisa mengikuti panduan pada Resep Kue Gemblong yang akan diberikan di bawah ini.

Bahan Kue Gemblong

Jika anda ingin membuat kue tradisional ini maka pertama anda harus mempunyai tepung ketan baik itu ketan hitam atau ketan putih biasa karena bahan dasar kue tersebut adalah tepung ketan. Bagaimana dengan bahan-bahan lain, apakah banyak, apakah sulit untuk dicari?

Dari pada anda hanya bertanya-tanya saja lebih baik anda mulai siapkan semua bahan yang dibutuhkan sesuai daftar berikut. Supaya mudah, pada daftar sudah disertakan takarannya sekaligus. Bisa anda siapkan sesuai daftarnya. Bahannya terdiri dari dua jenis yaitu bahan dasar dan juga bahan lapisan luar, selengkapnya di bawah ini.

Bahan dasar
- 150 gram tepung ketan hitam.
- 150 gram tepung ketan putih.
- 1 sendok teh garam.
- 150 gram kelapa parut memanjang.
- 1 sdt air jeruk nipis.
- 200 ml santan hangat dari ½ butir kelapa parut.
- Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan lapisan gula
- 75 gram gula pasir
- 2 sdm air.

Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong

Ah, tidak usah takut, meski anda belum terbiasa membuat jenis kue daerah ini pasti anda bisa dengan mudah membuatnya apalagi sudah disediakan panduannya. Untuk membuat gemblong tersebut anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 
  1. Campur tepung, garam & kelapa parut, aduk rata.
  2. Tambahkan air jeruk nipis dan santan, aduk rata sampai bisa dibentuk.
  3. Ambil 1 sdm adonan, dengan bantuan 1 lembar plastik, pulung adonan hingga berbentuk oval lakukan sampai adonan habis, sisihkan.
  4. Panaskan minyak hangat-hangat kuku,goreng adonan hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan.
  5. Jerang gula dan air diatas api sedang hingga kental dan berbuih, masukkan gemblong goreng, aduk rata hingga permukaan tertutup gula hingga rata.
  6. Diamkan sampai gula mengeras angkat dan sajikan.

Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong

Jelas bukan panduan di atas. Nah, sekedar catatan saja, kalau tidak mau memakai tepung ketan hitam, ketan hitam bisa diganti dengan tepung ketan putih semua. Semoga setelah bersusah payah dan letih membuat kue tersebut rasa letih anda bisa terobati dengan rasa gurih dan manisnya gemblong yang baru saja anda buat. Jangan lupa, anda bisa mencoba beberapa kue khas lainnya di bagian akhir tulisan ini. Semoga Cara Membuat Kue Tradisional Gemblong bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post