» » » Masakan Tumis Ayam Kemangi Spesial

Masakan Tumis Ayam Kemangi Spesial - Menu masakan dengan berbahan dasar daging ayam dan kemangi yang sayang sekali untuk kita lewatkan. Biasanya saya memasak daging ayam hanya di itu-ituin aja, kalau tidak di bikin opor digoreng, di semur dan sebagainya. Nah sekarang saatnya mencoba Resep Tumis Ayam Kemangi agar tidak bosan dengan olahan daging ayam yang itu-itu aja.

Timbang penasaran yuks kita langsung coba membuat sajian yang mungkin belum pernah kita hadirkan dalam dapur kita sebelumnya yaitu Tumis Ayam Kemangi Spesial.

Bahan Tumis Ayam Kemangi

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat Tumis Ayam Kemangi tidak jauh berbeda dengan bahan masakan biasanya. Yang membedakan dari biasanya yaitu penambahan tepung maizena yang berguna untuk mengenyal kan atau mengentalkan kuah bumbu dan lembut rasanya.

Biasanya kita menggunakan serai dalam memasak daging ayam, kali ini kita memakai daun kemangi yang dapat menyedapkan masakan dengan aroma nya yang menyegarkan. Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut: 
  • 400 gr daging ayam tanpa tulang (atau daging pilihan anda), cincang halus atau kasar
  • 1 sdt tepung maizena
  • 3 sdm saus cabe atau bisa memakai cabai rawit cincang saja
  • 1 bawang bombay, rajang
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm saus ikan
  • 2 - 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdt gula
  • 50 - 100 ml kaldu ayam atau secukupnya
  • Kemangi Thai, secukupnya atau kalau sulit ganti dengan kemangi biasa
  • Garam secukupnya
Jika suka, anda bisa melakukan sedikit perubahan pada bahan dan bumbu yang ada di atas. Meski begitu, untuk mendapatkan rasa khas dari masakan asli-nya tentu anda bisa mencoba dengan takaran yang ada, baru setelah itu anda bisa mencoba berkreasi dengan menu tersebut.

Cara Memasak Masakan Tumis Ayam Kemangi Spesial

Memasak itu tidaklah sulit, apalagi jika sudah disediakan panduan cara membuat masakan yang akan dihidangkan. Untuk jenis masakan ini pun demikian, anda yang belum pernah mencoba memasaknya pun tidak perlu khawatir karena cara memasaknya bisa dikatakan mudah. Supaya bisa langsung praktik maka silahkan ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Campur tepung maizena dengan ayam cincang, sisihkan
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, tambahkan saus cabe atau cabe cincang
  3. Masukkan ayam cincang, tumis dengan api panas sampai hampir masak kemudian tambahkan semua bahan (air dan kemangi terakhir).
  4. Lanjutkan memasak beberapa menit lagi sampai benar-benar masak dan coba rasanya.
  5. Angkat dan matikan api, segera sajikan
  6. Biasanya disajikan dengan nasi panas-panas ditemani dengan telur mata sapi.

Tumis Ayam Kemangi
Sumber Gambar: indonesian-medan-food.blogspot.com
Demikian sekelumit cerita saya yang bosan dengan masakan daging ayam yang di itu-ituin melulu dan barusan saja saya memberikan resep yang agak berbeda dari masakan daging ayam yang sebelumnya saya masak yaitu tumis ayam kemangi atas perhatiannya terimakasih dan selamat mencoba sendiri dirumah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post