» » » Cara Membuat Resep Bajigur Yang Mudah

Cara Membuat Resep Bajigur Yang Mudah - Pernah dengar bukan nama dari minuman ini? Ya, jenis minuman khas daerah ini cukup terkenal dan banyak disukai. Anda bisa menjumpai minuman segar ini dijajakan di pinggir jalan dengan mengunakan gerobak terutama di daerah asalnya.

Jika anda penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri maka anda bisa mengikuti panduan berikut.

Seperti kita ketahui, Bajigur adalah minuman khas Indonesia dari daerah Jawa Barat. Minuman ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor sebab minuman ini lebih enak bila diminum dalam keadaan hangat.

Biasanya minuman ini paling sering diminum pada sore hari saat santai bersama orang terkasih. Anda bisa menikmati minuman ini bersama pisang rebus dan atau kacang rebus, lebih nikmat tentunya. 

Sebenarnya minuman ini bisa dikatakan sebagai variasi minuman kopi yang pada pembuatannya menggunakan beberapa kombinasi bahan lain.

Untuk membuatnya cukup mudah, anda bisa langsung praktek dengan melihat panduan dalam Resep Bajigur yang akan diberikan. Berminat mencoba minuman ini?

Bahan Minuman Bajigur

Minuman khas dari Jawa Barat ini tidak hanya terbuat dari kopi saja melainkan ada beberapa tambahan yang membuatnya menjadi cukup spesial. Minuman bajigur menggunakan bahan lain misalnya garam, gula jawa dan juga santan.

Jika anda ingin belajar membuat bajigur anda bisa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan untuk bajigur tersebut yaitu sebagai berikut:

  • 5 sendok teh kopi.
  • ¼ sendok teh garam.
  • 125 cc sirup gula jawa.
  • 750 cc santan dari ½ butir kelapa.
  • 1 bungkus vanili.
  • 150 gram buah atep (kolang-kaling), dicuci bersih dan diiris tipis memanjang, direbus hingga matang.
Tidak sulit bukan untuk menyiapkan semua bahan di atas? Kalau sudah siap semua anda bisa mulai membuatnya dengan mempelajari prosesnya di bawah ini.

Cara Membuat Resep Bajigur Yang Mudah

Mudah atau sulit itu tergantung bagaimana anda belajar, pastinya tidak akan sulit jika anda menggunakan panduan yang ada. Untuk lebih mudah dalam membuat minuman bajigur silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Campur kopi, garam, gula jawa dan santan, lalu aduk rata. 
  2. Kemudian masak campuran ini sambil diaduk-aduk sampai mendidih dengan api sedang. Tambahkan vanili.
  3. Masukkan irisan buah atep yang sudah lunak dan matang. Aduk rata. 
  4. Angkat dan hidangkan panas-panas dalam cangkir/gelas
Meski anda baru belajar pasti tidak begitu sulit bukan? Ya, pertama kali membuat minuman khas ini juga langsung jadi dan enak. Sekarang giliran anda semua mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa makanan pendampingnya ya, biar tambah mantap.

Cara Membuat Resep Bajigur Yang Mudah

Selain Cara Membuat Resep Bajigur Yang Mudah masih ada lagi beberapa resep minuman khas daerah yang bisa anda coba sajikan. Ada banyak pilihan minuman asli daerah yang kaya rasa dan sensasi, pilih saja dari mana asal daerahnya. Selain itu jangan lupa untuk mencoba beberapa resep masakan pilihan hari ini, lihat di bagian bawah ya!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post