» » » Masakan Asem - Asem Daging Khas Semarang

Panduan Resep Masakan Asem - Asem Daging Khas Semarang - Satu lagi resep spesial yang akan kita pelajari disini yaitu satu masakan dari daerah Semarang yang bernama "Asem - Asem Daging". Anda belum pernah mencoba memasak masakan ini? Mari ikuti saya menyajikan kuliner khas daerah tersebut.

Menu masakan seperti ini paling saya suka karena rasa masakannya begitu menyegarkan, apalagi dengan kombinasi berbagai rempah khas dari nusantara. Paling suka menyajikan masakan ini disaat cuaca sedikit panas.

Kombinasi asam jawa dengan bumbu spesial akan membuka mata kita lebar-lebar setelah menyantapnya. Mau tahu bagaimana memasak masakan dari Semarang tersebut, mari ikuti panduan resepnya.

Setuju untuk belajar memasak menu ini bukan, yapz kita langsung akan menyiapkan segala yang kita butuhkan. Pertama kita akan memastikan semua peralatan sudah siap digunakan, setelah itu kita kumpulkan berbagai bahan dan bumbunya. 

A. Bahan dan Bumbu

Oh iya, bagi yang belum pernah mencoba memasaknya tidak perlu khawatir karena cara membuat menu ini tidaklah sulit. Pasti anda bisa! Yasudah, kita siapkan saja bahan dan bumbunya sesuai daftar berikut. Disiapkan satu persatu ya!

Bahan dan Bumbu
500 gram daging sapi, bagian sengkel
2 liter air
3 sdm minya untuk menumis
10 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang puti, iris tipis
3 buah cabai merah besar, potong-potong
3 buah cabai hijau besar, potong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
4 buah tomat hijau, potong-potong
150 gram buncis, potong-potong
4 sdm kecap manis
1 1/2 sdt garam
25 gram gula merah, sisir halus
2 sdt air asam jawa

Wah, bagaimana tidak spesial. Daging yang digunakan daging sapi, tentu akan lezat ya. Apalagi nanti akan dikombinasikan dengan bahan lain. Ada tambahan tomat hijau. Ada buncis dan tak ketinggalan rempah bumbu. 

B. Cara Membuat Asem - Asem Daging

Khusus untuk rekan remaja putri yang baru mau belajar masak tidak usah khawatir ya. Berikut akan dijelaskan langkah bagaimana memasak menu dari Semarang tersebut. Jadi bisa diikuti langkah demi langkah. Seperti apa memasaknya, mari ikuti berikut.
  1. Pertama - tama rebus daging di dalam 2 liter air, di atas api sedang, sampai daging empuk. Angkat daging, kemudian potong-potong.
  2. Masukkan kembali daging ke dalam kaldu mendidih, sisihkan.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, dan tomat hijau sampai harum dan matang.
  4. Angkat, lalu masukkan ke dalam rebusan daging.
  5. masukkan buncis, kecap manis, garam, gula merah, dan air asam jawa.
  6. Masak sampai semua bahan matang.
  7. Angkat, sajikan.
Saya rasa anda semua pasti bisa menyajikan sendiri masakan asem - asem daging tersebut, apalagi dengan panduan cara membuat yang diberikan di atas. Silahkan diselesaikan ya, jangan lupa untuk melihat juga beberapa resep lezat lain dibagian bawah.


Jika anda kreatif dan selalu mencari ide resep baru maka jangan lupa mencatat alamat blog ini karena besok masih banyak lagi berbagai referensi resep yang akan diberikan. Satukan hati dengan cinta dalam masakan kreasi kita semua!!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post