» » Resep Kopi Spesial

Cara Membuat Aneka Resep Kopi Spesial - Masakan khas daerah kali ini akan berbagi resep minuman khas yang dapat memperlengkap resep-resep minuman daerah yang sudah ada. Resep kali tentang kopi yang terdiri dari beberapa minuman kopi yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri baik dari tampilan, penyajian serta rasa yang dimiliki.


Seperti kita ketahui, minuman juga memiliki begitu banyak variasi sesuai dengan daerah asalnya, untuk itu tak heran jika untuk jenis minuman kopi saja kita bisa memilih berbagai variasi sesuai daerahnya.

Sebagai referensi, melalui update ini saya akan membuka beberapa pembahasan khusus mengenai resep-resep kopi tersebut. Untuk pembuka, berikut sudah disiapkan dua jenis kopi yang bisa kita suguhkan yaitu jahe kopi dan coklat kopi.

A. Resep Wedang Jahe Kopi

Untuk resep yang pertama ini kita akan menyuguhkan kombinasi rasa jahe dan kopi dalam satu minuman spesial yaitu wedang jahe kopi. Sebagai pembuka mari langsung kita simak selengkapnya panduan resep membuat minuman tersebut.

Bahan
  • 2 sdm kopi bubuk
  • 100 g jahe (dibakar, dikupas, memarkan)
  • 150 g gula merah (sisir halus)
  • 1 liter air mendidih
Jadi pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan ya. Kita menggunakan dua sendok makan kopi bubuk, 100 gram jahe, gula merah dan air yang sudah mendidih. Terus bagaimana proses pembuatannya? Mari kita buat bersama berikut.

Cara Membuat
  1. Seduh kopi bubuk dengan air mendidih, diamkan selama 15 menit, kemudian disaring
  2. Rebus lagi kopi dan jahe sampai harum
  3. Tambahkan gula merah. 
  4. Aduk sampai gula larut. Sajikan dalam keadaan hangat
Mantapnya wedang kopi yang satu ini yang pertama adalah tambahan jahe yang tentunya akan membuat tubuh terasa lebih hangat. Selain itu kita menggunakan gula merah yang akan memberikan cita rasa yang lebih mantap.

B. Resep Minuman Cokelat Kopi

Kalau yang di atas adalah minuman khusus untuk penggemar kopi dan jahe yang satu ini adalah minuman spesial bagi kita yang sangat menikmati rasa kopi dan coklat. Aroma kopi yang mantap dan rasa coklat-nya yang dahsyat seperti dalam iklan.

Bagi penikmat kopi wajib nih untuk menyiapkan wedang yang satu ini. Cara membuatnya seperti apa ya? Yuk kita coba membuat minuman coklat kopi ini dengan panduan sebagai berikut.

Bahan-Bahan
  • 250 ml air
  • 75 gr unsweetened cooking chocolate
  • 100 gr gula pasir
  • sedikit garam
  • 800 ml susu
  • 2 sdm kopi instan
  • whipped cream untuk hiasan
  • cooking chocolate, lelehkan dengan cara di tim
Cara Membuat
  1. Campur air, cokelat, gula dan garam
  2. Masak di atas api sedang hingga cokelat leleh. 
  3. Masukkan kopi dan susu. 
  4. Rebus hingga hampir mendidih, angkat.
  5. Hidangkan dengan whipped cream dan cokelat leleh.

Dua resep saya rasa cukup sebagai minuman pembuka untuk kita semua penggemar kopi. Silahkan dicoba Cara Membuat Kopi Spesial tersebut dan jangan lupa berkreasi untuk menciptakan minuman kopi yang sesuai dengan selera. 

Dengan ditambahnya resep minuman di atas saya berharap blog masakan khas daerah ini bisa lebih mantap lagi dalam menjadi salah satu sumber referensi kuliner bagi pengunjung semua. Jangan lupa untuk mencoba berbagai resep minuman lain yang sudah dibahas disini. 

Tak lupa saya mengucapkan terima kasih banyak bagi pengunjung setia blog ini yang telah sudi mendukung terus situs masakan ini dengan membagikan berbagai resep yang dipelajari ke FB dan Twitter masing-masing.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post