» » » Malbi - Resep Masakan Khas Palembang

Pernah dengar masakan yang bernama Malbi? Ya benar, masakan tersebut merupakan masakan khas dari daerah Palembang. Sebagai masakan yang kental dengan cita rasa daerah, masakan ini memang mendapatkan banyak perhatian khususnya bagi para pecinta resep masakan khas Palembang.

Malbi merupakan masakan dengan bahan utama daging sapi dengan santan kental. Di dalam masakan ini juga digunakan campuran parutan kelapa yang telah disangrai dan dihaluskan. Masakan yang satu ini paling banyak disajikan saat hari raya sebagai pendamping menu ketupat. 

Meski masing-masing daerah memiliki jenis masakan seperti ini namun resep Palembang ini memang berbeda dan digemari. Bagi anda yang hobi dengan daging sapi tentu tidak salah juga jika sesekali mencoba mengolahnya dengan resep berbeda, benar tidak?

Walaupun suka, jika disajikan dalam bentuk menu yang sama berkali-kali kadang kan bisa mengurangi selera juga. Makanya, sebagai orang yang bertanggung jawab atas konsumsi di rumah kita bisa berkreasi dengan menu-menu baru yang berbeda.

A. Bahan dan Bumbu-Bumbu

Kalau ada daging sapi maka sudah pasti kita bisa menggunakannya sebagai bahan utama malbi karena bahan utama masakan ini hanya daging sapi. Selain itu tentunya masih ada lagi bahan tambahan dan bumbu-bumbu yang akan disiapkan. Untuk bahan dan bumbu yang digunakan dapat dilihat dalam daftar berikut ini.


Bahan dan Bumbu

Daging sapi, iris-iris
Bawang merah, haluskan
Pala halus
Cengkih
Gula merah
Bawang putih, haluskan
Kelapa tua, kupas kulit ari, parut
Jahe, memarkan
Ketumbar, haluskan
Asam jawa, larutkan sedikit air
Garam
Kecap manis
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
: : 
500 gram
5 butir
½ sendok teh
3 butir
15 gram
2 siung
1 buah
4 cm
1 sendok teh
15 gram
Secukupnya
Secukupnya

Tidak banyak bukan bahan dan bumbu yang harus disiapkan. Karena itulah saya yakin kebanyakan dari kita pasti tidak mengalami kesulitan jika berniat mencoba masakan tersebut. Yang sudah setiap hari di dapur tentu melihat dari bahan dan bumbu di atas bisa menebak kira-kira bagaimana rasanya.

Tentu saja, tak lengkap rasanya jika kita tidak mencoba sendiri menyajikan masakan tersebut di rumah. Siapa tahu, kalau ada acara-acara khusus bisa menjadi menu pilihan sebagai pendamping menu-menu keluarga lainnya. 

B. Cara Membuat Malbi Khas Palembang

Kalau sebelumnya saya katakan bahwa untuk menyiapkan bahan dan bumbu masakan ini tidaklah sulit maka begitu juga dengan cara membuat masakan ini. Seperti masakan berbahan dasar daging sapi pada umumnya menu khas Palembang ini tidaklah begitu rumit untuk di buat. Langkah-langkah membuat menu spesial ini adalah sebagai berikut:

Langkah pertama peraslah setengah kelapa parut untuk diambil santannya, dan sisanya disangrai dan dihaluskan

Kemudian Tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar lalu masukkan jahe, tumis hingga harum

Masukkan irisan daging, aduk lalu masak hingga berwarna kecoklatan

Tambahkan buah pala yang telah dihaluskan dan cengkeh, beri sedikit air, gula merah, air asam setelah air mulai mengering

Masukkan santan, garam, kecap manis, aduk rata

Masukkan kelapa sangrai tumbuk, aduk hingga rata. Setelah itu masak sebentar, lalu angkat dan sajikan.


Jelas dan mudah bukan langkah cara memasak malbi yang di uraikan di atas? Sekarang giliran anda semua untuk mecobanya di rumah. Sampai di sini saja saya menghantarkan Malbi - Resep Masakan Khas Palembang ini, selamat mencoba kreasi masakan daerah tersebut dan sampai bertemu di menu spesial nusantara lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post