» » » Cara Membuat Serundeng

Cara Membuat Serundeng Khas yang Enak - Berbicara mengenai salah satu masakan tradisional yang satu ini admin sedikit bingung memberikan kategori yang paling pas karena menu yang satu ini sajiannya hampir sama dengan sambal yaitu untuk pelengkap. Apapun itu, serundeng merupakan salah satu masakan enak yang patut anda coba.

Jika anda tinggal di daerah pedesaan mungkin anda masih sering menjumpai jenis masakan ini namun jika anda berada di kota besar untuk menyantap masakan ini sudah agak sulit. Karena itu jika anda suka dengan rasa dari masakan serundeng maka ada baiknya anda belajar sendiri untuk memasaknya.

Masakan ini masuk ke dalam kategori pelengkap, terbuat dari bahan yang sederhana dan mudah untuk di buat. Jika anda belum pernah mencicipi masakan serundeng enak ini sebaiknya anda belajar memasaknya dengan panduan resep khas yang akan diberikan disini.

A. Bahan - Bahan

Untuk dapat mempraktekkan Resep Serundeng (Spiced Grated Coconut) ini anda bisa langsung mulai dengan menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Tidak banyak dan tidak sulit dicari, silahkan siapkan sesuai daftar berikut.

Bahan dasar
Kepala parut
30 gr bawang merah
30 gr bawang putih
15 gr ketumbar
2 sdm gula merah
2 sdm asam jawa

Bahan-bahan lainnya
3 daun salam 
5 daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
garam secukupnya
150 ml air
minyak goreng untuk menumis
400 gr kelapa muda parut panjang

Ada dua bahan yang harus disiapkan. Untuk anda yang ingin membuat makanan ini bisa menyiapkannya terlebih dahulu. Bahan dasar dan juga bahan tambahannya silahkan dilihat pada daftar di atas. Setelah itu ikuti panduan memasak di bawah ini.

B. Cara Membuat Serundeng

Dari pada anda susah payah mencari masakan ini dan kesusahan mendapatkannya maka anda bisa coba memasak serundeng sendiri di rumah. Jika mau silahkan ikuti panduan cara membuat serundeng yang akan dijelaskan disini. Untuk membuat serundeng langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Sangrai kelapa parut dengan api kecil - sedang sampai kuning kecoklatan dan kering, aduk terus agar didapat warna yang rata (proses ini tidak perlu dilakukan jika ingin praktis)
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, kemudian masukkan bahan-bahan lainnya. 
  3. Biar mendidih selama beberapa menit kemudian masukkan kelapa, aduk rata sampai didapatkan kekeringan surundeng yang diinginkan (saya suka agak lembab, tidak terlalu kering)
Serundeng Khas

Cepat dan mudah bukan? Untuk mendapatkan rasa yang khas dan gurih silahkan gunakan kelapa yang segar agar aroma dan rasanya bisa lebih enak. Untuk lainnya silahkan anda coba kembangkan sendiri sesuai ide dan selera anda. Jangan lupa, setelah anda coba cara membuat serundeng ini silahkan pelajari juga beberapa resep lain di bagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post