» » » Sarapan Bubur Ayam Betawi Yummy

Bubur Ayam Betawi - Pagi-pagi, hari minggu, santai tidak ada rencana apapun, paling enak sarapan dengan sajian kesukaan, "Bubur Ayam Betawi", hems...lezat! Bagaimana dengan anda di rumah, apa yang biasa anda santap untuk akhir pekan yang ditunggu?

Edisi mingguan kali ini kita akan wisata kuliner dengan salah satu resep bubur khas daerah khususnya yang berasal dari Betawi yaitu bubur ayam. Menu lezat yang selalu ditunggu-tunggu - khususnya oleh keluarga saya di rumah - mungkin bisa menjadi pilihan anda yang sedang bingung mencari ide masakan.

Bubur Ayam Betawi merupakan sajian bubur kreasi dengan berbagai bahan dan bumbu yang rasanya cukup lekat di lidah. Banyak masyarakat kita yang sudah terbiasa dengan jenis sajian ini. Untuk sebagian tapi masih banyak yang belum bisa menyediakannya sendiri di rumah. Bagaimana dengan anda, berminat membuat Bubur Ayam Betawi ini, kalau mau ikuti penjelasan berikut!

Bahan dan Bumbu Bubur Ayam Betawi

Resep bubur ayam khas Betawi sudah banyak yang bisa membuatnya sendiri di rumah, untuk anda yang belum bisa jangan mau ketinggalan. Mari kita belajar memasak soto daerah ini dengan panduan yang akan diberikan. Kita mulai dari menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan, semua ada pada daftar berikut!

Bahan
100 gram beras, dicuci, lalu tiriskan
600 ml air bersih
1 lembar daun salam
1 sendok teh garam

Untuk kuah
400 gram daging ayam
1 lembar daun salam
1 batang serai
400 ml air
2 sendok makan minyak goreng

Bumbu
4 butir bawang merah
2 butir kemiri
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan
2 cm kunyit
1 sendok teh garam

Untuk Sate Jeroan
100 gram usus ayam
3 pasang hati ampela
1/2 bagian bumbu yg dihaluskan
100 mi air

Pelengkap
Daun seledri cincang, 
Kacang kedelai goreng, 
Emping, 
Bawang goreng

Cara Membuat Bubur Ayam Betawi

Tidak susah kok untuk memasak soto ini, kalau anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan silahkan ikuti langkah-langkah untuk membuat soto ayam Betawi di bawah ini.

  1. Pertama didihkan air, lalu masukkan beras, daun salam dan garam diaduk sekali kali sampai mengental. 
  2. Untuk kuah: Tumis 1/2 bagian bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan daun salam, serai, dan ayam. 
  3. Aduk, tuang air, masak hingga ayam empuk. Angkat ayam, goreng, kemudian suir-suir.
  4. Sate jeroan : Rebus usus, hati ampela hingga mengering. Tusuk layaknya sate lalu goreng. selesai
  5. Untuk menyajikannya ambil mangkuk, masukan bubur, siram kuah lalu ayam suwir, masukan juga pelengkap dan sate jeroan.
  6. Sajikan
Mudah bukan, saya yakin anda semua bisa dengan santai dan mudah dalam membuat satu masakan khas daerah yang satu ini. Mudah-mudahan anda berkenan, dan mudah-mudahan menu bubur tersebut bisa menambah koleksi resep yang ada di rumah. Jangan lupa coba juga berbagai sajian daerah lainnya di bagian bawah. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post