» » » » Ayam Panggang Klaten - Masakan Khas Semarang

Di Nusantara ini banyak sekali variasi masakan ayam panggang yang ada berdasarkan daerah masing-masing yang salah satunya adalah menu ayam panggang Klaten yang akan kita bahas pada kesempatan ini. 


Menu ayam yang merupakan masakan khas Semarang ini akan kita bahas resep aslinya mulai dari bahan, bumbu sampai dengan kreasi pengolahannya.

Bagi kami pribadi, masakan dari daerah Klaten ini tidaklah berbeda jauh dengan masakan-masakan lainnya, namun bagi pecinta kuliner pastinya dapat membedakan ciri dan rasanya yang khas yang mewakili daerah asalnya. 

Untuk lebih mengenal masakan ini mari kita coba membuat ayam panggang Klaten ini di dapur kita masing-masing dengan panduan resep yang akan disajikan.
Bahan dan Bumbu Resep Ayam Panggang Klaten

Yang mau ikutan langsung saja mari kita siapkan apa-apa yang dibutuhkan mulai dari peralatan memasak, bahan serta bumbu yang dibutuhkan. Jangan lupa juga buat catatan resep ini sebagai panduan untuk mencoba memasaknya.

Untuk alat memasak tidak akan saya bahas disini karena pastinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi sedangkan bahan dasar dan bumbu-bumbu yang akan kita gunakan silahkan siapkan sesuai pada daftar di bawah ini.

A. Bahan dan Bumbu Masak

Bahannya apa? Ya sesuai judulnya. Karena kita akan membuat ayam panggang maka sudah pasti bahan yang akan kita masak adalah daging ayam dan tentunya yang segar. Daging yang seperti apa? Mari langsung kita siapkan bahan-bahan selengkapnya sesuai daftar berikut!

1) Ayam, potong 8 bagian: 1 ekor
2) Minyak sayur 3 sdm
3) Daun salam 2 lembar
4) Serai, memarkan 1 batang
5) Asam Jawa 1 sdt
6) Santan dari 1 butir kelapa parut 500 ml

Itu tadi yang termasuk bahan-bahan yang akan digunakan dalam masakan khas klaten yang satu ini. Selain bahan di atas kita juga akan menyiapkan bumbu - bumbu rempahnya. Yuk langsung disiapkan saja berikut.

1) Bawang merah 6 butir
2) Bawang putih 4 siung
3) Kemiri 5 butir
4) Ketumbar, sangrai 1 sdm
5) Merica butiran 1 sdt
6) Kunyit 1 cm
7) Lengkuas 1 cm
8) Jahe 1 cm
9) Gula Jawa 20 gr
10) Garam 2 sdt

Selain bahan dan bumbu di atas, kita juga dapat menyiapkan lalapan dan sambal terasi sebagai bahan pelengkap dalam penyajian masakan tersebut. Tentunya hal tersebut dapat disesuaikan dengan selera kita masing-masing.

B. Cara Membuat Ayam Panggang Klaten

Untuk proses memasak menu ini pada dasarnya ada dua proses memasak yang akan dilakukan, yang pertama yaitu proses merebus daging ayam dengan bumbu hingga meresap agar saat dibakar atau dipanggang bumbu pada daging telah meresap.

Proses kedua yaitu pemanggangan. Namanya juga ayam panggang, ya dipanggang. Kalau ayam bakar di bakar. Kalau ayam goreng di goreng, sesuaikan? Cara membuat resep khas tersebut selengkapnya sebagai berikut:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. 
  2. Tambahkan daun salam, dan serai, aduk rata. 
  3. Masukkan potongan ayam, aduk hingga kaku. 
  4. Tuangi santan, aduk-aduk hingga mendidih. 
  5. Kecilkan api. Masak hingga kuah berminyak kental dan daging ayam empuk. 
  6. Angkat ayam, tiriskan. 
  7. Bakar di atas bara api sambil olesi sisa bumbu hingga ayam agak kecokelatan dan kering. Angkat, sajikan hangat.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menu yang satu ini menurut kami paling cocok untuk disantap dengan sambal dan juga lalapan. 

Yang terakhir kami akan mengingatkan bahwa rasa masakan yang sobat buat tentunya tidak akan sama persis dengan masakan buatan orang lain karena hasil akhir masakan akan sangat tergantung pada tangan kokinya, jadi meski resepnya sama rasa masakannya bisa saja berbeda.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post