» » » Sate Ikan Senapelan Khas Riau

Bagaimana Membuat Sate Ikan Senapelan Khas Riau - Ada satu varian sate enak yang perlu kita coba yaitu "Sate Ikan Senapelan. Sate ini merupakan salah satu masakan khas dari daerah Riau, menjadi salah satu masakan yang bisa kita pilih sebagai alternatif menu sate yang sering kita hidangkan. 

Situs masakan khas daerah akan secara khusus membahas mengenai masakan ini di mulai dari informasi mengenai asal sejarah makanan jika ada, panduan memasak dan beberapa informasi penting lainnya.

Seperti kita ketahui, sate memang menjadi santapan yang paling banyak disukai. Sebelumnya di situs ini juga telah dibahas beberapa jenis masakan seperti ini maka dari itu untuk menghindari kebosanan menu sate kita pilih untuk membuat Sate Senapelan tersebut. 

Dengan adanya menu kali ini tentu kita tidak akan pernah bosan karena menu sate ikan sangat jarang sekali kita jumpai 

Sate dengan bahan dasar ikan ini tentunya akan sangat berbeda dalam hal rasa jika kita bandingkan dengan sate-sate yang berbahan dasar daging. Bagi sobat penggemar ikan menu sate ini sangat cocok sebagai menu santapan spesial yang menyajikan rasa yang berbeda. 

Untuk membuat kreasi yang sesuai kita dapat menggunakan berbagai macam ikan yang sesuai dengan selera kita, yang terpenting adalah ikan yang kita pilih ini cukup besar untuk kita potong dadu menyerupai sate lain.

A. Bahan dan Bumbu Halus

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya, menu yang sedang kita bahas ini menggunakan daging ikan sebagai bahan dasarnya. Dalam hal ini ikan yang kita gunakan adalah jenis ikan patin.

Meski begitu, jika memang ingin berkreasi kita juga dapat mengganti ikan patin ini dengan ikan lain yang sesuai dengan selera kita masing-masing. Untuk bahan-bahan lain yang akan kita gunakan untuk sate ikan senapelan ini yaitu:

Bahan Dasar
  • 500 gram ikan patin, ambil dagingnya, potong dadu
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 150 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
  • 2 sendok makan minya goreng
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah, iris-iris
  • 1 sendok teh asam jawa, larutkan dengan 50 ml air panas, saring
  • Garam secukupnya
Bahan Bumbu Halus
  • Coba juga bahan cara membuat soto pekanbaru
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 1 sendok teh terasi, bakar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • Lontong secukupnya

Siap untuk mencoba lagi satu menu sate yang enak dan lezat? Kalau siap mari siapkan terlebih dahulu bahan - bahan yang dibutuhkan. Kita bisa mencoba membuat sajian ini di rumah masing-masing dengan panduan yang akan diberikan. 
Ikan Patin - Bahan Dasar Sate Ikan Senapelan Khas Riau
Ikan Patin - Bahan Dasar Sate Ikan Senapelan

Jangan takut, berikut sudah disiapkan juga bagaimana cara untuk memasak jenis masakan sate tersebut. Kalau ingin belajar mari kita coba bersama-sama. Siapa tahu bisa jadi menu spesial untuk keluarga dan orang-orang terkasih di rumah.

    B. Cara Membuat Sate Ikan Senapelan Khas Riau

    Dengan mengetahui langkah-langkah untuk memasak menu khas Riau ini kita perlu mengetahui langkah dasarnya agar dilain waktu kita dapat berkreasi sesuai kebutuhan. Cara-cara untuk membuat sate ikan khas Riau ini dapat diikuti sebagai berikut.
    1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci bersih.
    2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum
    3. Tuang santan, tambahkan gula merah, air asam, garam. 
    4. Masak hingga matang dan berminyak. Angkat.
    5. Tusukan ikan dengan tusukan satai, celupkan ke dalam bumbu, diamkan 10 menit.
    6. Bakar satai ikan hingga matang, sambil sesekali diolesi bumbu perendam.
    7. Sajikan satai ikan dengan lontong.
    8. Angkat dan sajikan untuk 10 porsi
    Yakin bagi sobat penggemar sate pasti tidak akan melewatkan menu yang satu. Jika memungkinkan pasti ingin juga berkreasi seperti saya demi menghidangkan masakan sehat dan lezat bagi keluarga tercinta di rumah.


    Semoga pembahasan kita kali ini mengenai Bagaimana Membuat Sate Ikan Senapelan Khas Riau ini bisa menambah referensi masakan yang sudah ada di dapur kita. Jangan lama-lama silahkan bagi yang ingin merasakan bagaimana membuat sate khas Riau ini.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post